Kompas.com - 27/03/2013, 21:25 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhirnya Bank Central Asia (BCA) buka suara terkait kerugiannya dalam pencurian data kartu kredit di gerai Body Shop. Pihak BCA mengklaim akan mengembalikan dana nasabah yang tercuri tersebut.

"Jumlah kerugiannya sedikit, kurang dari Rp 1 miliar," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja selepas konferensi pers kinerja 2012 di Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Saat ini pihaknya sedang menginvestigasi kemungkinan pencurian baik data kartu kredit maupun kartu debit pada nasabahnya. Hal ini dilakukan agar kasus yang bermula dari kartu kredit Bank Mandiri tersebut tidak meluas ke nasabahnya.

Jahja mengatakan bahwa pencurian data kartu kredit tersebut bukan disebabkan karena ketelodoran nasabah. Namun, disebabkan oleh oknum yang berusaha mencuri data kartu kredit nasabah untuk digunakan oknum itu sendiri.

Jahja menambahkan kasus ini terjadi saat nasabah melakukan pembayaran dengan kartu kredit di gerai Body Shop. Saat melakukan pembayaran, biasanya kartu kredit ini cukup di-deep di mesin electronic data capture (EDC) milik bank penerbit kartu kredit.

"Namun oleh petugas gerai, ternyata kartu kredit tersebut masih digesek di mesin cash register. Di mesin inilah data kartu kredit tersebut dicuri," tambahnya.

Jahja menyerahkan mekanisme investasi kepada Bank Indonesia, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) bersama Mastercard atau Visa hingga pihak kepolisian setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini bukan kelalaian nasabah, tapi sekarang kita sedang investigasi betul masalah ini," tambahnya.

Seperti diberitakan, Bank Indonesia (BI) saat ini sedang melakukan penelitian terkait dugaan pencurian data pada kartu kredit dan atau kartu debit dari penerbit Indonesia saat transaksi di merchant.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.