Kompas.com - 11/04/2013, 16:08 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalla Group dipastikan menjalin kerja sama bisnis dengan salah satu produsen cokelat terbesar di dunia yaitu Godiva. kabarnya, Kalla Grup melakukan kontak bisnis dengan Godiva pada Kamis (11/4/2013) di Istanbul, Turki.

Jusuf Kalla, bersama puteranya Solihin J Kalla, dalam sebuah pertemuan informal dengan Dr Zeki Ziya Sozen, Presiden Yildiz Holding yang membawa pabrik cokelat Godiva, saling bertukar informasi tentang peluang bisnis cokelat.

JK sapaan akrab Jusuf Kalla, yang berkunjung ke Istanbul untuk sebuah kegiatan ceramah umum tentang perdamaian di Universitas Fatih, mengungkapkan bahwa Indonesia salah satu produsen coklat terbesar di dunia, dan Sulawesi Selatan adalah pemasok terbesar coklat Indonesia.

Dr Zeki Ziya Sozen Presiden Yildiz Holding, membenarkan bahwa Indonesia memang merupakan eksportir coklat terpenting di dunia, sekaligus sebagai pasar coklat yang bagus. Karena ekonomi Indonesia sedang bertumbuh pesat.

Karena itu, Zeki Ziya Sozen, melihat peluang besar untuk meningkat perdagangan cokelat antara Turki dan indonesia. Apalagi Godiva salah satu anak perusahaan Yilids memproduksi dan mengekspor coklat ke berbagai negara, yang secara langsung butuh bahan baku dari negara produsen buah dan butter cokelat.

Menurut Solihin J Kalla, pihaknya berpeluang saling bekerja sama dengan Yilidz karena Godiva butuh pasokan coklat. Sementara Kalla Group mulai tahun ini, memproduksi 35.000 metrik ton coklat dalam bentuk butter, powder dan cocoa liquor.

Ihin sapaan akrab Solihin J Kalla, menegaskan jika Kalla Group siap memasok kebutuhan coklat Godiva, karena potensi perkebunan coklat di Indonesia khususnya di Sulawesi Tenggara yang kini sedang dikembangkan Kalla Group. (Dahlan Dahi)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.