Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... Malaysia Pun Baru Memikirkan Perumahan Pekerja Informal!

Kompas.com - 18/04/2013, 16:00 WIB

KUALA LUMPUR , KOMPAS.com - Malaysia akan mengkaji model pembiayaan khusus bagi para pekerja seni agar mampu membeli rumah yang layak melalui skema Perumahan Rakyat 1Malaysia (PR1MA). Model pembiayaan tersebut perlu khususnya untuk membantu para pekerja seni yang tidak mempunyai slip gaji dan berpendapatan tidak tetap untuk membeli rumah.

"Saya telah memberitahukan masalah ini kepada Ketua Eksekutif PR1MA supaya mengkaji satu model yaitu pembiayaan akhir bukan konvensional, khususnya bagi mereka yang jenis pekerjaannya seperti pekerja seni ini yang tidak ada pendapatan tetap," kata Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak seperti dikutip sejumlah media lokal di Kuala Lumpur, Kamis (18/4/2013).

Najib mengatakan, pekerja seni layak menikmati kemudahan PR1MA supaya mereka mempunyai tempat tinggal yang layak.

"Saya sadar, tanpa slip gaji bank agak keberatan untuk meluluskan pembiayaan rumah, kecuali untuk orang-orang tertentu yang namanya sudah tersohor," katanya.

Selain skema pembiayaan untuk pembelian rumah, Najib juga menjanjikan kepada pekerja seni fasilitas kartu diskon yang selama ini dinikmati oleh pelajar, pensiunan PNS, tentara, dan polisi. Najib juga akan mengkaji bayaran royalti kepada artis yang film dan drama mereka sering diputar ulang serta penambahan dana untuk industri kreatif termasuk dana pembentukan persatuan artis. Pemerintah bersedia menambah dana industri kreatif yang disediakan sebanyak 112 juta ringgit sebelum ini, jika jumlah tersebut tidak mencukupi untuk membantu anak seni berkarya, kata Najib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com