Kompas.com - 26/04/2013, 15:21 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas Karier Fair (KKF) 2013 memberikan kesempatan pada job seeker dan perusahaan untuk membangun hubungan simbiosis mutualisme atau hubungan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

"Mereka mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan bagus yang ada disini, kita juga mencari pekerja-pekerja yang berkualitas. Sama-sama untung, lah," tutur Head of Marketing Bloomberg TV Indonesia, Bayu J. Wirjoatmodjo saat dimintai pendapat mengenai acara KKF 2013 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jumat (26/4/2013).

Hal serupa juga diungkapkan Director of HR Legal (Head of Operations) Living Social, Denny H. Makarim. "Acara ini tepat sekali untuk kita mencari bibit berkualitas yang unique dan punya value," ucapnya.

Bahkan, kata Denny, pihaknya sudah menyiapkan satu banner bertuliskan "I'm Hired by Living Social" untuk mengapresiasi pelamar yang dinilai mempunyai potensi besar.

Pelamar tersebut akan langsung dipekerjakan oleh Living Social setelah melalui interview langsung di booth Living Social. Menurut Denny, ini salah satu strategi pasar untuk menarik minat para job seeker agar berlomba-lomba datang ke booth mereka untuk melamar kerja.

Salah satu pengunjung KKF 2013, Ani Wiryanata (26) mengaku dirinya tertarik datang karena banyak perusahaan besar yang membuka lowongan di acara ini.

"Kita sebagai pelamar kan juga mau kerja di perusahaan bagus," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari 200 perusahaan dengan puluhan ribu lowongan pekerjaan dalam KKF 2013 ini memang menarik minat para job seeker.

Dari pengamata, hampir seluruh booth yang ada masih ramai dikunjungi oleh para pencari kerja. Bahkan ada beberapa booth yang menggelar tes wawancara langsung setelah pelamar memasukkan CVnya ke perusahaan tersebut, seperti Bloomberg TV Indonesia dan Living Social.

Tahun lalu, Kompas Karier Fair di selenggarakan sebanyak dua kali di Jakarta yaitu bulan April dan November. Total Job Seeker yang datang untuk 2 event tersebut mencapai 26.123 orang. Sementara perusahaan yang ikut serta adalah 435 perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.