Kompas.com - 14/05/2013, 18:19 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia hingga akhir April 2013 melonjak menjadi 107.3 miliar dollar AS. Nilai tersebut setara dengan 5,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, di atas standar kecukupan internasional.

Nilai cadangan devisa ini naik dibandingkan periode Maret 2013 yang sebesar 104,8 miliar dollar AS, namun sedikit turun bila dibanding dengan cadangan devisa per Februari 2013 sebesar 105,183 miliar dollar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI Budianto mengatakan kenaikan devisa didorong oleh arus modal asing yang masuk ke Indonesia cukup meningkat, khususnya di kuartal II-2013. "Selain itu kenaikan arus modal asing itu disebabkan karena pemerintah menerbitkan obligasi global yang menarik minat asing untuk menyerapnya," kata Budianto dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Di sisi eksternal, kondisi perekonomian Indonesia masih mengalami perbaikan seperti yang ditargetkan. Defisit transaksi berjalan di kuartal I-2013 tercatat 2,4 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), turun 3,5 persen terhadap PDB di kuartal sebelumnya.

Budianto menambahkan perbaikan defisit transaksi berjalan disebabkan oleh membaiknya kinerja neraca perdagangan yang didorong oleh penurunan impor yang cukup tajam, khususnya barang-barang konsumsi, sementara beberapa komoditas ekspor nonmigas tetap tumbuh positif.

"Sedangkan untuk transaksi modal dan finansial (TMF) pada kuartal I-2013 mencatat defisit seiring dengan menurunnya arus modal masuk, karena memburuknya kondisi perekonomian global dan meningkatnya tekanan inflasi di dalam negeri," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X