Kompas.com - 28/05/2013, 17:05 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Pemerintah Malaysia berjanji untuk secara bertahap memangkas harga mobil di negara itu antara 20 persen hingga 30 persen selama lima tahun.

Menteri Perdagangan Internasional dan Perindustrian Malaysia, Mustapa Mohamed, mengatakan, pemangkasan itu dilakukan sebagai upaya untuk mendorong pelaku industri otomotif di Malaysia lebih efisien.

"Bahkan, sejak Oktober tahun lalu, harga 10 model populer di negeri ini telah turun rata-rata 7,3 persen," katanya kepada wartawan setelah menghadiri pertemuan bulanan kementerian, Selasa (28/5/2013).

Mustapa juga mengatakan bahwa pelaku industri kini harus siap untuk meningkatkan daya saing mereka bersama-sama dengan industri yang semakin kompetitif di Malaysia dan luar negeri.

Rata-rata penjualan mobil di Malaysia berada di level 600.000 unit per tahun atau sekitar separuh dari penjualan mobil di Indonesia yang pada 2012 mencapai 1,1 juta unit. Kondisi tersebut membuat pasar Malaysia tak terlalu signifikan bagi produsen mobil global.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.