Kompas.com - 29/05/2013, 16:28 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan, pembiayaan, dan asuransi dinilai sebagai industri di Indonesia yang memiliki pelayanan prima. Perusahaan-perusahaan yang bergerak pada berbagai bidang itu, memiliki sumber daya manusia (SDM) cakap dengan proses kerja amat teratur.

Chief Executive Officer (CEO) Carre-Center for Customer Satisfaction and Loyalti (CCSL), Yuliana Agung, di Jakarta, Rabu (29/5/2013), mengatakan, pihaknya bersama Marketing Group telah melakukan survei selama Januari-Maret 2013 di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang.

"Hasilnya menarik. Indeks kualitas pelayanan perbankan, pembiayaan, dan asuransi unggul sebesar 3,99. Sementara, indeks industri-industri selain itu sebesar 3,96. Kelebihan perbankan, pembiayaan, dan asuransi terletak pada sistem, proses, dan prosedur," kata Yuliana.

"Artinya, proses pada perbankan, pembiayaan, dan asuransi sangat diperhatikan serta diatur. Faktor SDM pun tidak main-main. Mereka memiliki keyakinan, pengetahuan produk, keakuratan, kecepatan, solusi, dan keakurasian dalam bekerja," tambah Yuliana.

Perbankan merupakan industri paling unggul dibandingkan dengan pembiayaan dan asuransi. Meski demikian, industri pembiayaan dan asuransi terus berbenah. Menurut Yuliana, survei sudah dilakukan secara rutin selama sembilan tahun, dengan tujuan meningkatkan kesadaran perusahaan terhadap strategi retensi konsumen.

Survei dilakukan langsung kepada pelanggan. Industri-industri yang disurvei berjumlah 48 kategori. Sebanyak 500 merek diikutsertakan, dan melibatkan 3.000 responden acak dan 3.000 responden booster. Menurut Yuliana, kegiatan itu merupakan survei indeks kualitas pelayanan terbesar di Indonesia.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.