Kompas.com - 29/05/2013, 21:53 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

PARIS, KOMPAS.com - Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan ( Economic Cooperation and Development/OECD) memperkirakan ekonomi global akan tumbuh menguat secara bertahap dalam dua tahun mendatang, tetapi dengan kecepatan berbeda di setiap negara.

Dalam proyeksi ekonomi yang dirilis Rabu (29/5/2013) organisasi itu menyatakan bahwa Amerika Serikat kemungkinan akan tumbuh lebih cepat daripada negara-negara anggota OECD lainnya, dengan proyeksi pertumbuhan 1,9 persen pada 2013 dan 2,8 persen pada 2014.

Di sisi lain, OECD juga mengemukakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Jepang cenderung berfluktuasi. Pada tahun 2013, pertumbuhan ekonomi negara Matahari Terbit ini diperkirakan akan meningkat sebesar 1,6 persen. Namun, pada tahun depan, pertumbuhan ekonomi menurun menjadi 1,4 persen.

Sementara itu, kawasan Eropa diperkirakan tetap dalam resesi pada tahun ini, sebelum mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 1,1 persen pada 2014. OECD mengidentifikasi pengangguran sebagai tantangan yang paling besar yang dihadapi negara-negara yang masuk dalam euro, dan menyerukan upaya lebih banyak untuk mengatasi hal itu.

Untuk pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang umumnya lebih kuat daripada negara maju, namun juga pada tingkat yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan bakal berada di 1,2 persen pada 2013 dan 2,3 persen pada 2014.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X