Jual Saham AOP, Astra Raup Rp 2,8 Triliun

Kompas.com - 30/05/2013, 14:25 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra International Tbk secara resmi mengumumkan pelepasan sebagian kepemilikan sahamnya di PT Astra Otoparts Tbk (AOP) melalui private placement.

Dalam prospektus yang diterbitkan perseroan hari ini, Astra menyatakan pelepasan saham AOP yang dimilikinya itu dimaksudkan agar saham AOP lebih likuid di pasar. Saat ini, kepemilikan Astra di AOP sebesar 4,6 miliar saham atau 95,65 persen saham, sedangkan kepemilikan publik hanya sebesar 4,35 persen. Kecilnya porsi publik membuat harga saham AOP kurang mencerminkan valuasi perusahaan yang sesungguhnya.

"Maka, salah satu alternatif untuk meningkatkan likuiditas adalah melalui pelaksanaan private placement. Skemanya adalah dengan cara penjualan sebagian saham-saham AOP kepada para investor," tulis manajemen Astra, Kamis (30/5/2013).

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Astra melepas saham AOP di harga Rp 3.750 per saham, atau terdiskon 11,74 persen dari penutupan Selasa di posisi Rp 4.250 per saham sehingga dana yang diraup sebesar Rp 2,82 triliun. Pelepasan dilakukan melalui dua sekuritas, yaitu UBS Securities Indonesia sebesar Rp 2,24 triliun dan Mandiri Sekuritas Rp 585 miliar.

Sementara itu, mengutip Reuters, saham yang dilepas itu sebesar 15 persen dari kepemilikan Astra di AOP. Merespons penjualan itu, investor banyak yang melepas saham Astra maupun Astra Otoparts sehingga saham dua perusahaan itu sempat tertekan pada perdagangan sesi pertama hari ini.

Pada perdagangan siang ini, harga saham Astra melemah 1,39 persen menjadi Rp 7.100 dari pembukaan sebesar Rp 7.150 per saham. Sementara itu, saham Astra Otoparts kembali menguat 1,18 persen dari pembukaan menjadi Rp 4.300 per saham setelah sebelumnya sempat memerah.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X