Dana IPO Sidomuncul untuk Pengembangan Industri

Kompas.com - 07/06/2013, 20:02 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Belum ada informasi pasti soal jadwal penawaran saham perdana ke publik (IPO) perusahaan jamu Sidomuncul tahun ini. Kendati begitu, Business Development Manager Maria Reviani Hidayat mengatakan dana IPO akan digunakan untuk pengembangan industri jamu. "Kami kan bukan sekadar pabrik jamu," kata putri Direktur Utama PT Sidomuncul Irwan Hidayat ini pada Jumat (7/6/2013) saat melepas 30 pemenang paket umroh gratis Kopi Jahe Sidomuncul.

Kopi Jahe Sidomuncul, salah satu produk minuman dari divisi makanan Sidomuncul menghelat undian berhadiah untuk periode 1 Januari-30 April 2013. Selain para pemenang tersebut, ada 800 pemenang lainnya yang mendapat uang tunai masing-masing Rp 500.000 dari undian tersebut.

Selanjutnya, Maria menerangkan kalau pengembangan industri meliputi bidang bisnis inti yakni jamu dan divisi makanan (food division). Pada divisi makanan, Sidomuncul juga memproduksi minuman. "Namanya functional food,"katanya.

Maria menunjuk Kopi Jahe Sidomuncul adalah salah satu yang dimaksud sebagai functional food. Artinya, produk itu bukan sekadar minuman untuk melepas dahaga. Hal itu, terang Maria, sama halnya dengan produk dari divisi sama untuk pencegah panas dalam.

Sebelumnya, sebulan lalu, Irwan Hidayat pernah mengatakan kalau pihaknya tengah mempersiapkan seluruh persyaratan IPO. Nantinya, kalau sudah lengkap, seluruh persyaratan itu akan didaftarkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Catatan terkumpul menunjukkan kalau IPO dimaksud rencananya dihelat pada September 2013. Perusahaan jamu yang berbasis di Klepu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah itu, akan melepas sekitar 20 persen saham. Dari IPO itu diharapkan ada tambahan dana Rp 1,5 triliun.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X