Kompas.com - 18/06/2013, 13:28 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menambah anggaran beasiswa untuk siswa miskin di tahun ajaran 2013. Penambahan beasiswa itu akan diberlakukan setelah harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp 6 triliun untuk beasiswa sekitar 13,5 juta pelajar di tahun 2013 . Data tersebut, kata dia, berasal dari survei Badan Pusat Statistik (BPS) dan data Kemendikbud.

Nuh menjelaskan, di tingkat SD akan mendapat Rp 450 ribu per anak dari sebelumnya Rp 360 ribu. Tingkat SMP sederajat akan mendapat Rp 750 ribu per anak dari sebelumnya Rp 500 ribu. Adapun tingkat SMA sederajat akan mendapat Rp 1 juta per anak dari sebelumnya Rp 700 ribu.

Nuh menambahkan, kemungkinan akhir Juli 2013 beasiswa bisa dicairkan dengan Kartu Perlindungan Sosial. Penerima beasiswa dapat mencarikan beasiswa di kantor pos. Pihak kantor pos bisa juga mendatangi sekolah dan menyerahkan langsung kepada anak.

"Uang itu langsung ke anak. Dulu pernah sekolah yang ambil, tapi dipotong untuk sedekah," kata Nuh di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa ( 18/6/2013 ).

Namun, lanjut Nuh, pencarian akhir Juli nanti baru bisa untuk penerima beasiswa yang sudah terdata. Khusus untuk siswa kelas 1 SD belum bisa menerima lantaran masih perlu didata siapa saja yang berhak menerima. Pendataan akan dilakukan ketika tahun ajaran baru dimulai.

"Untuk data siswa kelas 1 SD baru diketahui pertengahan Juli. Jadi kemungkinan minggu pertama atau ke dua Agustus baru bisa dicaikan untuk kelas 1," pungkas Nuh.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X