BI Rate Naik, Pemerintah Klaim Tak Beratkan Pengusaha

Kompas.com - 12/07/2013, 20:21 WIB
Menteri Perindustrian MS Hidayat KOMPAS/IWAN SETIYAWANMenteri Perindustrian MS Hidayat
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku usaha dinilai tak akan terganggu dengan keputusan Bank Indonesia (BI) yang menaikkan suku bunga acuan BI (BI Rate) sebesar 50 bps menjadi 6,5 persen.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyambut baik kebijakan bank sentral untuk menaikkan BI Rate. Hal tersebut akan berdampak positif bagi pengusaha. "Saya kira itu bagus untuk mengamankan impor supaya tidak terseleksi," kata Hidayat saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Hidayat menambahkan selama ini level BI Rate yang dipertahankan selama lebih dari setahun terakhir dan baru hanya dinaikkan sebesar 25 bps terus menggerus level nilai tukar rupiah. Dengan demikian, hal ini juga mengganggu kinerja bisnis pengusaha di Tanah Air.

Di sisi lain, kenaikan BI Rate akan menyebabkan kenaikan suku bunga kredit perbankan. Namun, hal tersebut tidak akan mengganggu bisnis pengusaha karena perbankan saat ini juga bersaing memberikan pinjaman dana dengan bunga relatif bersaing.

"Memang kebijakan kenaikan BI Rate ini akan menimbulkan tingkat suku bunga perbankan sedikit meningkat, tapi akan menyelamatkan bisnis secara overall," tambahnya.

Sekadar catatan, BI telah menaikkan level BI Rate sebesar 50 bps ke level 6,5 persen. Hal ini untuk mengantisipasi inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi, khususnya inflasi Juli 2013 sebesar 2,3-2,5 persen.

Sementara itu, nilai tukar rupiah hari ini diperdagangkan di level Rp 9.980 per dollar AS, menurun dibanding level perdagangan kemarin di Rp 9.979 per dollar AS. Nilai ini melemah jika dibanding perdagangan di awal pekan ini yang hanya di level Rp 9.960 per dollar AS.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X