Transaksi Transfer Dana via Ponsel Melonjak

Kompas.com - 23/07/2013, 15:30 WIB
Aditya Panji/KompasTekno
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah memperkenalkan transaksi layanan transfer antar individu melalui operator seluler. Dengan layanan ini, transaksi transfer akan menjangkau area terpencil.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, layanan ini telah diluncurkan sejak 15 Mei 2013 lalu. Untuk sementara, layanan ini hanya bisa digunakan melalui tiga operator besar yaitu Indosat, Telkomsel dan XL Axiata.

"Kolaborasi lintas operator telekomunikasi ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan less cash society dan mempercepat keuangan inklusif di Indonesia," kata Ronald dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Ronald menambahkan, layanan ini hadir untuk memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia serta menyediakan layanan yang cepat, mudah, efektif dan efisien.

Dengan adanya layanan pengiriman uang elektronik lintas ketiga operator tersebut, maka seluruh pelanggan tiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta nomor pelanggan dapat melakukan transaksi pengiriman uang. Contohnya pelanggan TCASH (Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) maupun ke pelanggan Dompetku (Indosat), begitupun sebaliknya.

Menjelang lebaran ini, transfer uang elektronik melalui layanan lintas operator seluler ini dapat menjadi alternatif pengiriman uang dari mana saja dan kapan saja, sampai ke remote area. Sejak awal implementasi, layanan ini telah tercatat 218 transaksi dengan nominal Rp 6.268.555.

Dengan potensi tersebut, BI optimis layanan ini bisa mencatatkan transaksi hingga akhir tahun ini sebesar 50.000 transaksi dengan nilai nominal transaksi menembus Rp 1 miliar. "Selama ini potensi ada, hanya tinggal menggerakkan kepercayaan masyarakat untuk mau menggunakan fitur transfer uang elektronik antar pengguna telepon seluler," tambahnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X