Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Ritel Incar Pangsa Pasar SPBU 25 Persen

Kompas.com - 16/08/2013, 16:47 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - PT Pertamina (persero) melalui anak usahanta PT Pertamina Ritel menargetkan bisa menguasai 25 persen pangsa pasar melalui SPBU COCO (Company Owned Company Operated).

SPBU COCO adalah SPBU yang dimiliki dan dikelola langsung oleh Pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina retail. "Target kami setelah ini tentu terus mengembangkan SPBU COCO. Targetnya 25 persen SPBU di seluruh Indonesia akan menjadi SPBU COCO," ujar Direktur Utama Pertamina, karen Agustiawan selepas peresmian SPBU COCO Dago, Bandung, Jumat (16/8/2013).

Karen mengatakan, dengan jumlah SPBU COCO yang mencapai 25 persen, diharapkan dapat menjadi contoh bagi SPBU-SPBU lain yang dikelola oleh swasta sehingga bisa menerapkan pelayanan dan menyediakan fasilitas yang sesuai standar SPBU yang dikelola oleh Pertamina.

"Jumlah ini diharapkan bisa menjadi parameter SPBU dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, SPBU lain harus bisa mencontohnya," kata Karen.

Saat ini, Pertamina sendiri telah melakukan akuisisi terhadap 8 SPBU milik perusahaan lain yaitu 6 SPBU berada di wilayah Jabodetabek, 1 SPBU di Medan Sumatera Utara dan 1 SPBU di Bandung Jawa Barat serta lahan seluas 6.000 meter persegi di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur.

"Ini kami dapatkan melalui tender internasional, dengan rebranding ini kita juga harap mobil-mobil dari Pemerintah Daerah dapat mengisi di SPBU kita ini, tentu diisi dengan BBM non-PSO," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com