Lindungi UKM, Pemerintah Tambah Fasilitas KUR

Kompas.com - 13/09/2013, 09:21 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOMenko Perekonomian Hatta Rajasa
Penulis Sandro Gatra
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerintah akan menambah fasilitas dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memberikan perlindungan terhadap usaha kecil dan menengah di tengah kondisi ekonomi saat ini.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, selama ini satu usaha kecil dan menengah hanya mendapatkan maksimal Rp 20 juta. Pemerintah akan meningkatkan angka tersebut.

"Di samping itu yang selama ini mereka hanya boleh mendapatkan satu fasilitas saja, apakah kredit untuk investasi atau untuk produksi dan modal kerja, maka kedepan akan diperbolehkan untuk investasi sekaligus untuk produksi," kata Hatta seusai rapat di Kantor Presiden, Kamis ( 12/9/2013 ) menjelang tengah malam.

Namun, Hatta belum bisa mengungkapkan besaran dana lantaran baru akan dibahas pekan depan. Hanya, ia memastikan pembahasan akan dirampungkan secepatnya. Jangan sampai terhambat aksesnya kepada finansial, pungkas dia.

Seperti diberitakan, realisasi penyaluran KUR tahun 2012 mencapai Rp 34 triliun. Pemerintah menargetkan realisasi penyaluran oleh bank-bank nasional di tahun 2013 sebesar Rp 36 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X