Gita Wirjawan Rayu Samsung Buka Pabrik Galaxy di Indonesia

Kompas.com - 26/09/2013, 16:50 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, baru-baru ini melakukan kunjungan bilateral ke Korea Selatan bersama Menteri Koordinator Perkonomian, Hatta Rajasa, serta Menteri Perindustrian, MS.Hidayat.

Dalam kunjungan tersebut, Gita mengatakan pihak Indonensia meminta agar Korea Selatan mau menanamkan investasi di sektor otomotif dan elektronik, seperti salah satunya kemungkinan Samsung membuka pabrik di Indonesia.

"Kalau investasi Korea Selatan berupa pabrik kulkas, TV, dan produk lainnya sudah ada di sini. Tapi kalau bisa mendirikan pabrik Samsung Galaxy kita akan menyambut baik," kata Gita di Kantor Kementerian Perdagangan, di Jakarta, pada Kamis (26/9/2013).

Menurut Gita, saat ini Korea Selatan justru tertarik untuk berinvestasi di sektor otomotif. Namun, pihak Indonesia enggan memberi izin, kecuali investasi dalam skala besar.

"Kalau mereka sih minta agar dibuka kesempatan mendirikan industri otomotif, tapi kita tidak mau buka kecuali kalau investasi itu dalam skala yang besar," jelas Gita.

Gita juga meminta agar sektor perikanan di Korea Selatan dibuka untuk pasar Indonesia. "Permintaan kita ke mereka itu terkait dengan produk-produk ikan kelautan, yang mana selama ini, mereka begitu tertutup karena mereka mau melindungi petani dan nelayan mereka," tuturnya.

Menurutnya, jika investasi di sektor industri dan elektonik saja bisa disepakati, maka Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antar kedua negara bisa segera terbentuk.

Di sisi lain, peningkatan kapasitas sektor jasa juga dibahas dalam pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye, yakni agar Korea Selatan mau menyerap tenaga terampil Indonesia (skilled), dan bukan hanya yang tak terampil (unskilled).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.