Kompas.com - 01/10/2013, 21:39 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOMenko Perekonomian Hatta Rajasa
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra Liauw


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemerintah optimistis angka inflasi sampai akhir tahun 2013 tidak mencapai seperti yang diprediksi sebelumnya, yakni 9 persen. Keyakinan inflasi di bawah 9 persen muncul setelah terjadi deflasi 0,35 persen pada September ini.

"Dari deflasi 0,35 ini maka kita optimistis inflasi sampai akhir tahun yang diprediksi sampai 9 persen tidak akan terjadi," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sesuai sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Hatta mengatakan, ada potensi deflasi kembali terjadi di bulan Oktober ini jika fluktuasi harga makanan bisa terus dikendalikan. Untuk itu, kata dia, stabilitas harga pangan seperti kedelai, daging ayam dengan menjaga suplai akan menjadi perhatian serius pemerintah.

Ketika memimpin sidang kabinet paripurna, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar deflasi bisa dijaga. "Momentum ini kita jaga. Insya Allah upaya mengelola ekonomi kita yang sedang mengalami tekanan akan bisa berhasil," kata Presiden.

Seperti diberitakan, Badan Pusat Statistik (BPS)  mencatat, pada  September 2013 mengalami deflasi 0,35 persen atau pertama kali dalam 12 tahun terakhir. Deflasi terakhir terjadi pada September 2001.

Berdasarkan data BPS, inflasi tahun kalender (Januari-September 2013 ) sebesar 7,57 persen. Inflasi inti tahunan 8,4 persen (yoy). Inflasi inti bulanan 0,57 persen dan inflasi inti tahunan 4,72 persen (yoy).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.