Bank Indonesia Teken Kerja Sama dengan Bank Sentral China

Kompas.com - 02/10/2013, 19:09 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) meneken perjanjian barter valas bilateral dengan People's Bank of China.

Perjanjian itu dilakukan antara Gubernur BI Agus Martowardojo dan Gubernur People’s Bank of China ZHOU Xiaochuan.

Agus menyatakan bahwa perjanjian ini merupakan wujud nyata dari penguatan kerja sama keuangan antarbank sentral dalam kebijakan moneter dan stabilitas sistem keuangan.

"Kerja sama ini mencerminkan komitmen regional dalam menghadapi kondisi ketidakpastian global dan akan berkontribusi positif dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan keuangan domestik," ujar Agus dalam siaran pers, Rabu (2/10/2013).

Perjanjian yang ditandatangani hari ini merupakan perpanjangan dari perjanjian sebelumnya senilai 100 miliar yuan atau sebesar Rp 175 triliun antara Bank Indonesia dan People’s Bank of China. Perjanjian akan berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang sesuai persetujuan kedua belah pihak.

Kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan perdagangan dan investasi langsung antara Indonesia dan China, membantu penyediaan likuiditas jangka pendek bagi stabilisasi pasar keuangan, dan tujuan lainnya sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Agus Martowardojo juga meyakini bahwa kerja sama antarbank sentral ini akan semakin meningkatkan kepercayaan pasar terhadap kondisi fundamental perekonomian Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X