Laba Digelembungkan, Toshiba Pecat Seorang Manajer

Kompas.com - 30/10/2013, 18:28 WIB
Toshiba AFPToshiba
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Toshiba mengumumkan bahwa jajaran direksi baru saja memecat seorang manajer di anak usaha perseroan lantaran menggelembungkan laba bersih di salah satu divisi usahanya.

Manajer yang tidak disebutkan namanya tersebut membawahi divisi alat-alat kedokteran, yaitu Toshiba Medical Information System. Toshiba menyebutkan tindakan yang dilakukan manajer itu merupakan tindakan yang tidak patut, karena menyebutkan angka-angka yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Rekayasa laporan keuangan itu terjadi dalam kurun waktu lebih dari 6 tahun, terhitung sejak 2006. Adapun nilai penggelembungan totalnya mencapai 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Sebagai pertanggungjawaban, manajer itu lantas diberhentikan, dan para direktur yang menjadi atasan juga mengundurkan diri.

"Toshiba Corporation secara mendalam meminta maaf atas kondisi yang terjadi itu, dan kami mengambil tindakan yang sangat serius. Ke depan kami juga akan mengambil tidakan pencegahan," jelas Toshiba.

Meski terdapat penggelembungan, namun Toshiba berharap bahwa penyesuaian kinerja keuangan tidak terlalu berpengaruh terhadap laporan keuangan konsolidasi.

Pada akhir September turun 14,4 persen menjadi 21,5 miliar yen (218 juta dollar AS) karena kebijakan pajak yang berubah.

Sementara itu, laba operasional naik tajam hingga 53,7 persen menjadi 105,6 miliar yen dan penjualan mencapai 3,04 triliun yen atau naik 13,2 persen. Kinerja Toshiba ditopang oleh penjualan alat-alat elektronik dan memory chips.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X