Jumlah Pegawai Pajak Tak Sebanding dengan Beban Target

Kompas.com - 21/11/2013, 17:49 WIB
Dirjen Pajak A. Fuad Rahmany KOMPAS/LASTI KURNIA Dirjen Pajak A. Fuad Rahmany
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Jumlah pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang cenderung tak bertambah banyak tidak sebanding dengan target penerimaan pajak negara yang terus meningkat.

Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany mengatakan pada tahun 2009, jumlah pegawai pajak mencapai 32.000 orang pada tahun 2009. Namun, angka itu terus menurun hingga pada tahun 2013 jumlah pegawai mencapai 30.700 orang.

"Padahal, target penerimaan pajak Rp 544 triliun di tahun 2009 menjadi Rp 995 triliun di tahun 2013. Ini di luar bea cukai. Kalau sama bea cukai jadi sekitar Rp 1.000 triliun. Tapi pegawainya malah jumlahnya turun, jumlah kantor 331 terus," kata Fuad di Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Kenyataan ini, lanjut dia, berarti ekonomi RI terus membesar namun kapasitas Direktorat Jenderal Pajak tidak mengalami perubahan. Jumlah pegawai cenderung tak banyak berubah, akan tetapi jumlah penerimaan pajak meningkat hingga 2,5 kali lipat.

"Kami tingkatkan produktivitas mereka, kami perbaiki sistem kerja, kami tingkatkan mereka kerja. Saya sekarang bikin larangan orang-orang pajak tidak boleh pulang kantor jam 5 sore. Kalau belum pulang jam 8, jam 9 malam berarti belum kerja," ujar Fuad.

Fuad menyatakan, saat ini terjadi peningkatan produktivitas di kalangan pegawai direktoratnya. Ini dapat dilihat dari tingkat penerimaan pajak per pegawai yang dihitung dengan membagi jumlah penerimaan dengan jumlah pegawai.

Pada tahun 2009, satu orang pegawai pajak menghasilkan Rp 17 miliar. Adapun tahun 2013 meningkat menjadi Rp 32 miliar. "Artinya produktivitas pegawai pajak itu meningkat. Kalau ada yang suka menyalahkan pegawai Ditjen Pajak, katanya tidak efisien itu nggak benar," tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X