Jalan Makin Macet, 8 Persen Sopir Truk Mengundurkan Diri

Kompas.com - 22/11/2013, 18:45 WIB
Jakarta macet KOMPAS / LASTI KURNIAJakarta macet
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekjen Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Akbar Djohan mengungkapkan sampai saat ini 8 persen supir truk mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Hal ini terjadi karena kemacetan yang semakin parah dan sistem angkutan barang logistik di pelabuhan masih kacau. "Banyak supir truk yang nggak mau jadi supir truk lagi," ujar Akbar Djohan, Jumat (22/11/2013).

Dia menjelaskan jika infrastruktur jalan dan persiapan pelabuhan belum benar, supir truk mengaku tidak merasa produkif dalam bekerja. Kendati banyak supir truk mengundurkan diri, namun tidak menurunkan produktifitas pelabuhan.

"Penurunan tidak tapi keterlambatan, sektor truk tidak tumbuh," ungkap Djohan.

Menurut Djohan, logistik nasional harus menjadi perhatian utama pemerintahj. Selama ini logistik nasional belum memiliki induk regulator yang dinilai menjadi penghambat.

"Urusan logistik, ada di Kementerian Perhubungan, Perdagangan dan Kementerian Informasi dan Komunikasi. Secara koordinasi masih tumpang tindih," papar Djohan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.