Pembiayaan PNM di Bali dan NTB Tumbuh 21 Persen

Kompas.com - 29/11/2013, 16:34 WIB
Layanan UlaMM PNM KONTANLayanan UlaMM PNM
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat mencatat outstanding pembiayaan per Oktober 2013 mencapai Rp 120 miliar, atau tumbuh 21,28 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2012.

Pembiayaan melalui Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) itu disalurkan kepada 2.067 debitor yang berada di wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemimpin Cabang PNM Denpasar Budiarto, yang membawahi wilayah Bali dan Lombok, NTB, menuturkan bahwa meningkatnya penyaluran pembiayaan ULaMM di wilayahnya selaras dengan perkembangan industri pariwisata.

“Untuk penyaluran pembiayaan ULaMM di Cabang Denpasar hampir semua sektor dapat masuk, tapi rata-rata nasabah yang berhasil mendukung pariwisata, seperti kerajinan, tenun, dan lain-lain,” jelasnya, Jumat (29/11/2013).

PNM Cabang Denpasar saat ini membawahkan 22 kantor ULaMM yang terbagi ke dalam tiga kluster, yakni Kluster Denpasar, Kluster Gianyar, dan Kluster Lombok.

Secara nasional, total outstanding pembiayaan ULaMM per Oktober 2013 mencapai Rp 3,05 triliun atau tumbuh 12,47 persen dibandingkan dengan posisi Oktober 2012 yang sebesar Rp 2,71 triliun.

Dengan demikian, total total pembiayaan yang telah disalurkan PNM, baik melalui ULaMM maupun anak perusahaan lain, hingga Oktober 2013 mencapai Rp 16,5 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X