Kartu Flazz Bisa Dipakai untuk Tiket KRL Commuterline

Kompas.com - 08/12/2013, 15:05 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu Flazz yang diterbitkan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kini bisa digunakan untuk pembayaran tiket KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) per hari ini, Minggu 8 Desember 2013.

Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo mengatakan, pada prinsipnya penggunaan kartu Flazz sama Kartu Multi Trip (KMT). Untuk dapat melakukan perjalanan, pemilik kartu harus memastikan ada saldo minimal Rp 7.000, dan untuk menggunakannya tinggal di tap saja di mesin pintu masuk yang tersedia di stasiun KRL jabodetabek.

Tapi, jika baru pertama kali menggunakan Flazz untuk KRL, terlebih dulu harus mengaktivasikan kartu tersebut di loket stasiun. Selanjutnya kartu sudah bisa digunakan di seluruh KRL Jabodetabek.

"Diharapkan dengan hadirnya Flazz BCA, transaksi pada perjalanan KRL menjadi semakin mudah, cepat, praktis, nyaman dan memperkecil resiko yang mungkin terjadi pada penggunaan uang tunai," Tutur Tri saat peresmian penggunaan kartu Flazz di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2013).

Tri mengungkapkan, sejak e-ticketing dan tarif progresif diterapkan secara menyeluruh pada 1 Juli 2013 lalu, pengguna jasa KRL dapat menggunakan pilihan tiket harian berjaminan (THB) untuk 1 kali perjalanan atau KMT untuk tiket berlangganan.

Hingga saat ini, 55 persen pengguna jasa telah menggunakan KMT Penerapan e-ticketing dan tarif progresif sendiri membawa penambahan jumlah penumpang secara signifikan. Setiap harinya terdapat sekitar 600.000 transaksi pada perjalanan KRL di Jabodetabek. (Rr Dian Kusumo Hapsari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.