Kompas.com - 15/01/2014, 07:30 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Rabu (15/1/2014), setelah melewati satu hari libur. Rupiah diproyeksikan lebih percaya diri dengan perbaikan sejumlah data perekonomian nasional.

Laju rupiah pada awal pekan ini menguat cukup signifikan setelah pelaku pasar masih merespons banyaknya sentimen positif sebelumnya. Di antara sentimen positif itu adalah rilis kenaikan suku bunga LPS sebesar 25 basis poin dan pemberitaan optimisme kenaikan cadangan devisa di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

Cadangan devisa Indonesia naik dengan posisi per akhir Desember 2013 mencapai 99,39 miliar dollar AS. Di sisi lain, dimulainya penerapan UU larangan ekspor mineral mentah tidak terlalu mendapat respons negatif karena ada dispensasi dari Pemerintah untuk perusahaan yang berkomitmen mengembangkan smelter.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani aturan yang melarang ekspor mineral mentah. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, menyatakan masih memungkinkan lebih dari 60 perusahaan untuk melanjutkan ekspor mineral dengan terlebih dahulu melakukan pengolahan di dalam negeri.

Sejak saat itu, baik IHSG, yield SUN maupun rupiah -khususnya kurs rupiah non deliverable forward (NDF) bertenor satu bulan- terus menguat. Kurs rupiah NDF tenor satu bulan menguat dari Rp 12.200 menjadi Rp 11.900 per dollar AS.

Kurs di Jakarta Inter-Spot Dolar Rate (Jisdor) juga menyusul menguat hingga Rp 12.000 per dollar AS. Riset Trust Securities menyebut rupiah berada di atas target resisten Rp 12.183 per dollar AS. Hari ini diproyeksikan rupiah berada di rentang level Rp 12.115 sampai 12.000 per dollar AS dalam kurs tengah Bank Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.