Smartphone Dongkrak Penggunaan E-Channel Perbankan

Kompas.com - 06/03/2014, 19:18 WIB
Ilustrasi smartphone ShutterstockIlustrasi smartphone
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan riset Kadence International melaporkan jumlah pengguna e-channel di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal didorong oleh pertumbuhan jumlah pengguna internet dan smartphone.

Di samping itu, semakin banyak pula bank yang fokus pada fasilitas tersebut. Dari hasil riset Kadence International diketahui bahwa mobile banking merupakan jenis layanan perbankan yang paling banyak digunakan oleh nasabah, yakni 67 persen, disusul internet banking sebesar 54 persen dan phone banking 28 persen.

“Riset ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang  menjadi pertimbangannasabah dalam memilih layanan perbankan E-Channel, sekaligus mengelompokkan mereka berdasarkan jenis layanan yang digunakan," kata Associate Director Quantitative Kadence International Indonesia Fahmi Afandi dalam keterangan pers, Kamis (6/3/2014).

Fahmi menjelaskan, dalam memilih layanan E-Channel, selain reputasi bank, terdapat beberapa faktor utama yang menjadi pertimbangan nasabah, yaitu kecepatan akses, tingkat keamanan, kemudahan registrasi, dan mudah digunakan.

Di samping itu, meskipun telah menggunakan E-Channel, nasabah tidak meninggalkan ATM untuk melakukan transaksi.

“ATM masih memegang peranan penting dalam memberi layanan untuk kemudahan nasabah. Sementara untuk E-Channel, meski memiliki banyak keunggulan, nasabah masih berharap adanya peningkatan pada layanan berupa kemudahan dan kecepatan akses untuk internet dan mobile banking, serta kemudahan untuk dihubungi bagi phone banking,” ujar Fahmi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X