Akan Ada Jalur Ganda KA ke Bandara Soekarno Hatta

Kompas.com - 04/04/2014, 08:01 WIB
Seorang anak bermain di bantalan rel yang disiapkan untuk pembangunan rel jalur ganda di Kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat, Kamis (5/7/2012). Selain untuk meningkatkan daya angkut penumpang, rel ganda ini juga untuk mendukung kereta api bandara.
KOMPAS/WISNU WIDIANTOROSeorang anak bermain di bantalan rel yang disiapkan untuk pembangunan rel jalur ganda di Kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat, Kamis (5/7/2012). Selain untuk meningkatkan daya angkut penumpang, rel ganda ini juga untuk mendukung kereta api bandara.
Penulis Nadia Zahra
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerinta akan membangun jalur ganda dari Stasiun Batuceper hingga Bandara Soekarno Hatta. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengintegrasikan kereta api dengan moda transportasi lainnya.

"Saat ini Kemenhub sudah buat infrastruktur jalur ganda dari Stasiun Duri sampai Tangerang. Untuk Stasiun Batuceper, posisinya di antara itu. Jadi tinggal pembangunan ke Bandara Soekarno Hatta saja," ucap Kepala Humas Ditjen Kereta Api, Muhartono di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Ia mengatakan, pengintegrasian antarmoda ini menjadi salah satu program prioritas, dalam rencana induk perkeretaapian nasional (RIPNas). Selain itu, pembangunan jalur ganda atau double track tersebut untuk melaksanakan program strategis pada masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Sesuai amanat Perpres 83 Tahun 2011, pemerintah menunjuk PT KAI untuk membangun prasarana dan sarana dari Stasiun Batuceper itu sampai Bandara Soekarno Hatta," paparnya.

Menurut Muhartono, dana pembangunan jalur ganda Batuceper-Bandara Soetta sepanjang 12,3 km tersebut, bersumber dari BUMN PT KAI sendiri sebesar 1,78 triliun. "Untuk keterangan lebih detil silakan ke PT KAI saja ya, karena wewenang tennis ada pada mereka bukan di pusat (Kemenhub)," jelas Muhartono.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X