Perbanas: Akuisisi oleh Bank Mandiri Akan Perkuat Kinerja BTN

Kompas.com - 16/04/2014, 15:00 WIB
Pelayanan nasabah BTN KONTAN/ BaihakiPelayanan nasabah BTN
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Langkah PT Bank Mandiri Tbk mengambil alih kepemilikan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dari pemerintah dinilai bisa memberi dampak positif bagi dua bank BUMN tersebut.

Ketua Perbanas Sigit Pramono mengatakan, BTN memiliki kekuatan dalam hal penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR). Untuk itu, Bank Mandiri diminta untuk mempertahankan kekhasan BTN, dan bahkan bisa meningkatkan kemampuan tersebut.

"Di sisi lain, BTN juga memiliki kelemahan, yaitu dalam hal pendanaan murah. Selama ini BTN kurang mampu memaksimalkan perolehan dana pihak ketiga dari masyarakat. Dengan diambil alih oleh Mandiri, kelemahan itu tentunya bisa ditutupi," ujarnya, Rabu (16/4/2014).

Sementara itu, bagi Mandiri, masuknya BTN dalam struktur bisnisnya akan semakin memperluas cakupan bisnis Bank Mandiri.

Sigit menyebutkan, akuisisi BTN oleh Mandiri juga sesuai dengan arsitektur perbankan Indonesia. Khusus untuk bank BUMN, nantinya akan ada satu bank besar yang beskala internasional. "Ini keputusan yang sangat strategis," lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian BUMN telah meminta Bank Mandiri untuk mengakuisisi BTN dengan mengambil alih semua saham yang dimiliki pemerintah. Kelanjutan aksi korporasi tersebut diharapkan bisa diputuskan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) bulan depan.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X