Pasar Modal Indonesia Belum Mewakili Ekonomi Keseluruhan

Kompas.com - 05/05/2014, 11:32 WIB
Ilustrasi IHSG images.kontan.co.idIlustrasi IHSG
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Rahmat Waluyanto mengatakan secara year to date, Jakarta Composite Index (JCI) merupakan indeks dengan performa terbaik di regional, yakni 13,2 persen. Namun, secara umum pasar modal Indonesia masih kalah dibandingkan negara-negara tetangga di regional.

"Total kapitalisasi pasar di Indonesia hanya 53 persen dari PDB (produk domestik bruto), dibandingkan dengan Thailand dan Korea Selatan 105 persen, Filipina 115 persen, serta Malaysia dan Singapura 150 persen," kata Rahmat pada dialog bertajuk "Indonesia's Capital Market in AEC Era: The Anticipation of the Capital Market Openness in ASEAN," Senin (5/5/2014).

Hingga bulan Maret 2014, kapitalisasi pasar Indonesia hanya mencapai 415 miliar dollar AS. Sementara itu, Malaysia mencapai sekitar 500 miliar dollar AS, Singapura hampir mencapai 1.000 miliar dollar AS, dan India mendekati 1.500 miliar dollar AS.

Lebih lanjut, Rahmat juga menyatakan jumlah perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih sangat rendah. Hingga Maret 2014, tercatat sebesar 489 perusahaan telah tercatat di BEI.  Di Malaysia, sebanyak 906 perusahaan telah melantai di bursa, Thailand 587 perusahaan, dan Singapura 767 perusahaan.

"Pasar modal Indonesia masih didominasi oleh sektor perbankan, komoditas, dan consumer goods. Pasar Indonesia belum mewakili ekonomi secara keseluruhan," ujar Rahmat.

Oleh karena itu, Rahmat mengungkapkan OJK selaku regulator industri keuangan Indonesia akan terus melanjutkan pengawasan dan pengaturan dengan baik dan efisien. "Kami juga melakukan beberapa inisiatif dalam memperdalam pasar modal dan menciptakan pasar finansial yang mampu mengaspirasi pertumbuhan," jelasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X