Proyek Infrastruktur Jangan Andalkan Pinjaman Asing

Kompas.com - 24/05/2014, 17:54 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Darmaningtyas mengingatkan pemerintah agar tidak terlalu mengandalkan donor asing untuk membiayai proyek infrastruktur.

Hal itu dia katakan menanggapi pilot project "Sustainable Urban Transport Program" (SUTRA). Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, beberapa waktu lalu menuturkan, jika pilot project ini berhasil, maka akses pembiayaan proyek infrastruktur akan lebih mudah.

"Kita jangan terlalu berharap banyak dari proyek semacam itu," kata Darmaningtyas, ditemui usai bincang-bincang, Kompasiana Nangkring bareng PT JM, Sabtu (24/5/2014).

Darmaningtyas mengatakan, pembiayaan dari asing tersebut berupa dana pinjaman. Dia yakin, anggaran negara sangat mungkin mencukupi untuk kebutuhan infrastruktur dasar. Sayangnya, lanjut dia, pemerintah selalu khawatir anggaran tidak cukup, lantaran anggaran tersebut masih banyak dibutuhkan untuk subsidi energi.

"Menurut saya untuk bangun infrastruktur itu bukan dana pinjaman, tapi cukup subsidi saja dihilangkan. Dana dialihkan ke infrastruktur," katanya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Inggris, Jerman, dan lembaga internasional, mengembangkan pilot project SUTRA. Jerman dan Inggris memberikan hibah senilai 15 juta euro, untuk pilot project di tiga kota, yakni Kota Bogor, Kota Batam, dan Kota Manado.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.