Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Rp 1,8 Triliun, Tarif Listrik Rumah Tangga akan Dinaikkan

Kompas.com - 05/06/2014, 20:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah melakukan penghematan anggaran salah satunya dengan menaikkan tarif listrik untuk rumah tangga. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memberikan sinyal akan menaikkan tarif listrik untuk golongan rumah tangga bertegangan 1.300 watt dan 3.500 watt.

"Yang 1.300 dan 3.500 mulai kita hitung akan kita sesuaikan tentu sesuai persetujuan DPR," kata dia ditemui di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Ditanya mengenai berapakah penghematan dari kenaikkan tarif listrik, Jero mengatakan mencapai triliunan rupiah. Dia memperhitungkan penghematan anggaran jika golongan 1.300 watt dinaikkan, adalah sebesar Rp 1,8 triliun.

"Yang 3.500 watt saya tidak hapal. Tapi yang golongan i3 non-Tbk, jika dinaikkan akan menghemat Rp 4,8 triliun per tahun," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menaikkan tarif listrik untuk golongan industri besar i3 dan i4. Jero menambahkan, kenaikan tarif listrik ini juga harus diimbangi dengan efisiensi PT PLN (Persero) dalam menyediakan energi listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com