KPPU Temukan Indikasi Kartel Bunga di Industri Perbankan

Kompas.com - 06/06/2014, 19:30 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menduga ada praktik-kartel yang dilakukan oleh perbankan di Indonesia. Dugaan tersebut saat ini sedang dalam tahap penyelidikan.

"Kita sedang selidiki adanya kartel dalam perbankan," ujar Wakil Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Saidah Sakwan, di Jakarta, Jumat (5/6/2014).

Saidah menjelaskan, KPPU sudah melakuan penyelidikan selama satu tahun dalam dugaan adanya kartel bank tersebut. Proses penyelidikan tersebut akan terus dilakukan untuk mencari sejauh mana keterlibatan bank dalam kasus tersebut.

Adapun kasus yang diselidiki oleh KPPU tersebut terkait dengan besaran bunga yang dipatok oleh bank. Oleh karenanya, menurut Saidah, saat ini KPPU terus meminta pendapat dari pelaku perbankan mengenai bunga bank tersebut.

KPPU menyadari, membongkar kasus kartel bank akan lebih sulit karena banyaknya pemangku kepentingan yang bermain dalam perbankan nasional. Oleh karena itu, Saidah meminta media untuk mengawal proses penyelidikan kartel bank tersebut.

"Kita tahu ini akan sulit karena akan menghadapi pemangku kepentingan, oleh karena itu media harus membantu ini," tandasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X