Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Ke Depan Seluruh Kota Harus Punya Ruang untuk PKL

Kompas.com - 15/06/2014, 20:44 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden No.2, Joko Widodo mengatakan, untuk membangun ekonomi yang berdikari maka diperlukan kesempatan bagi pelaku usaha kecil, tak terkecuali pedagang kaki lima (PKL).

Sayangnya, hingga saat ini PKL sebagai pelaku ekonomi kecil tidak mendapat ruang di berbagai kota di tanah air.

“Hampir di semua kota tidak ada planning tata kota yang membuat mereka (PKL) bisa berjualan. Dalam rencana ke depan, semua kota harus memberikan ruang yang sebesar-besarnya, memeberikan space yang besar untuk PKL,” jelas Jokowi dalam debat capres-cawapres, di Gran Melia, Jakarta, Minggu (15/6/2014).

Selain soal PKL, mantan walikota Solo itu juga menyoroti soal pasar tradisional. Dia bilang, penataan dan dukungan terhadap pasar tradisional sangat penting, mengingat pasar tradisional adalah tempat di mana hasil para petani, nelayan, dan pelaku ekonomi kecil diperjualbelikan sampai ke tangan konsumen.

“Jadi kalau ruang itu diberikan kepada mereka, pasar bersih, tidak boleh becek, harus ada tempat parkir, saya kita produk petani akan terus menerus mendapatkan pengharaan, dan mereka akan mendapatkan nilai tambah lewat konsumen,” ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com