Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Tanah Siapkan 150 Hektar di IKN untuk Polri

Kompas.com - 26/06/2024, 14:43 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja mengungkapkan, pihaknya menyediakan 150 hektar lahan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk diberikan kepada Polri.

Lahan itu nantinya akan digunakan untuk membangun rumah-rumah prajurit Polri.

“Ada permintaan dari Polri seluas 150 hektar untuk lahannya Polri. Lahan-lahan pemerintah juga dari Panglima TNI akan dibuatkan sebagai penyangga untuk rumah-rumah prajurit dulu yang akan dibangun, 150 hektar akan kita berikan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Baca juga: Bank Tanah Sediakan 1.750 Hektar untuk Relokasi Kampung Nelayan Terdampak IKN

Lebih lanjut Parman mengatakan, pembangunan rumah Polri di atas lahan itu akan sesegera mungkin dilaksanakan. Saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Agrari dan Tata Ruang (ATR).

Menurut dia, pihaknya juga telah menyediakan penambahan lahan tanah untuk perluasan bandara VVIP IKN yang awalnya di atas lahan 290 hektar kemudian ditambah menjadi 347 hektar dan saat ini ditambah lagi menjadi 621 hektar.

Bank Tanah pun sudah melakukan pelepasan hak pengelolaan (HPL) kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk dicatatkan sebagai aset barang milik negara.

“Sudah dilepaskan daripada Bank Tanah HPL-nya, jadi lahannya sudah ita berikan kepada Kemenhub, sudah clear and clear. Sudah diberikan PDSKnya juga oleh Bupati dan sudah selesai. Tinggal percepatan pembangunannya,” ucap dia.

Sebelumnya, Badan Bank Tanah sedang melakukan serangkaian kegiatan untuk mengoptimalkan pemanfaatan tanah di atas Hak Pengelolaan (HPL) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu merupakan bagian dari upaya menata kawasan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 64 tahun 2021 tentang Badan Bank Tanah demi mendukung pembangunan nasional dan kepentingan umum.

Badan Bank Tanah berkomitmen untuk menyusun rencana induk kawasan yang mendukung produktivitas dan keberlanjutan dengan fokus pada pengelolaan hak dan penataan kawasan.

Kegiatan yang sedang dipersiapkan antara lain, pemanfaatan lahan untuk reforma agraria sebesar 1.873 hektare, pembangunan Bandara VVIP IKN dengan lahan seluas 347 hektare dengan target operasional tahap pertama pada Juli mendatang, serta pembangunan jalan tol segmen 5B.

Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja mengatakan, Badan Bank Tanah berupaya mengelola tanah negara yang terlantar menjadi satu kawasan yang lebih produktif sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat umum.

"Dari 4.162 hektare lahan yang telah menjadi HPL Badan Bank Tanah, seluas 1.873 hektare telah kami siapkan untuk program Reforma Agraria. Lahan tersebut akan diberikan untuk masyarakat dengan penentuan subjeknya diverifikasi oleh GTRA yang diketuai oleh Bupati. Sehingga, pemenuhan hak-hak masyarakat telah kita akomodasi," tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/03/2024).

Baca juga: Badan Bank Tanah Siapkan Lahan 1.873 Hektar untuk Reforma Agraria

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com