Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melonjak 45 Persen, GMF Kantongi Laba Bersih Rp 43,16 Miliar pada Kuartal I 2024

Kompas.com - 28/06/2024, 22:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) memperoleh laba bersih sebesar 2,64 juta dollar AS atau setara Rp 43,16 miliar (kurs Rp 16.350 per dollar AS) sepanjang kuartal I 2024, meningkat 45,34 persen dibandingkan kuartal I 2023.

Direktur Utama GMF Aero Asia Andi Fahrurrozi mengatakan, laba bersih itu ditopang oleh pendapatan usaha yang mengalami peningkatan pada periode ini sebesar 14,87 persen menjadi sebesar 98,58 juta dollar AS atau setara Rp 1,61 triliun.

"Pada triwulan I 2024 GMF telah memperlihatkan perbaikan yang positif. Hal ini terlihat melalui capaian revenue senilai 98,58 juta dollar AS yang telah melampaui target yang ditetapkan yaitu sebesar 93,69 juta dollar AS," ujarnya saat konfrensi pers virtual, Jumat (28/6/2024).

Baca juga: Laba Bersih GMF AeroAsia Melonjak 461,1 Persen pada 2023

Dia mengungkapkan, peningkatan pendapatan pada periode ini paling besar dikontribusikan dari segmen bisnis airframe.

Di sisi lain, anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ini juga mencatatkan operating profit margin yang positif dan EBITDA positif yang ditunjukkan pada mayoritas segmen.

Pada kuartal I 2024, GMFI pun mendapatkan beberapa kontrak pekerjaan dari beberapa segmen bisnis di antaranya dari layanan ke Garuda Indonesia Group seperti melanjutkan reaktivasi pesawat Airbus 330 Garuda Indonesia, pekerjaan perawatan mesin pesawat Garuda Indonesia, hingga reaktivasi pesawat Citilink.

Sementara pada sektor aviasi non-grup, beberapa proyek yang telah dituntaskan di antaranya penyelesaian pesawat pertama National Airlines untuk pekerjaan painting Boeing 747, penyelesaian proyek perawatan pesawat dari Air France Cargo, Cebu Pacific Airlines, Korean Airlines, Air Asia, Fiji Airways, dan beberapa pesawat dari lessor maupun maskapai international lainnya.

Baca juga: GMF Aero Asia Perpanjang Kemitraan Maintenance Training Service dengan Airbus

Adapun GMFI sepanjang tahun 2024 menargetkan dapat mengantongi pendapatan melampaui target Rencana Kerja dan Anggaran (RKAP) perusahaan yang sebesar 389,15 juta dollar AS atau setara Rp 6,36 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com