Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPLP Kemenhub Ikut Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut

Kompas.com - 28/06/2024, 20:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dalam hal ini Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), ikut serta dalam Regional Marine Pollution Exercise (Marpolex).

Latihan ini diadakan di Bacolod City, Filipina, pada 24 hingga 29 Juni 2024.

Regional Marpolex merupakan latihan gabungan antara Indonesia, Filipina, dan Jepang yang fokus pada penanggulangan tumpahan minyak di laut.

 

Baca juga: Kapal Patroli KPLP Tiba di Filipina, Ikut Marine Pollution Exercise 2024

Kapal KPLP di dekat KM Liberty yang kandas di perairan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).KOMPAS.com/dok KSOP Tanjungbalai Karimun Kapal KPLP di dekat KM Liberty yang kandas di perairan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan ketiga negara dalam merespons keadaan darurat tumpahan minyak di wilayah perbatasan.

Direktur KPLP Jon Kenedi menjelaskan, pelaksanaan Marine Pollution Exercise ini didasarkan pada Sulu Sulawesi Oil Spill Response Network Plan 1981. 

“Kegiatan ini terutama bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan dalam merespon tumpahan minyak di Filipina dan Indonesia, khususnya pada saat terjadi tumpahan minyak besar di dekat atau di sepanjang garis pantai Filipina maupun Indonesia,” ujar Jon dalam siaran pers, Jumat (28/6/2024). 

Latihan utama yang dipimpin oleh Philippine Coast Guard dilaksanakan pada  Rabu (26/6/2024) dengan beberapa skenario, termasuk penanggulangan tumpahan minyak, operasi Search and Rescue (SAR), serta pemadaman kebakaran.

Baca juga: Kemenhub dan US Coast Guard Jajaki Peluang Kerja Sama Pengembangan SDM KPLP

“Diharapkan kita semua dapat menunjukkan upaya kerja sama dan komunikasi yang baik selama latihan, sehingga kegiatan Regional Marpolex ini dapat terlaksana dengan aman dan sukses,” tambah Jon.

Peserta latihan kali ini meliputi kru Gabriela Silang OVP-8301 dari Philippine Coast Guard yang terdiri dari 79 orang, kru Tsugaru PLH 02 dari Japan Coast Guard sebanyak 41 orang, dan kru KN Trisula P111 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang terdiri dari 25 orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com