Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberdayaan Peternak Sapi Perah Lokal Penting untuk Ketahanan Pangan

Kompas.com - 28/06/2024, 22:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Susu memiliki peranan penting dalam ketahanan pangan. Sebab, selain menjadi sumber nutrisi bagi tubuh, susu juga berkontribusi pada rantai ekonomi dan sosial yang menyokong kesejahteraan masyarakat terutama di tingkat tapak.

Meski demikian, jumlah konsumsi susu masyarakat Indonesia masih belum memenuhi standar Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). 

Tercatat pada tahun 2020, konsumsi susu masyarakat Indonesia baru sekitar 16,27 kg per kapita atau setara dengan 46 ml per kapita per hari. Adapun menurut FAO, tingkat konsumsi tersebut paling tidak sekitar 85 ml per kapita per hari.

Baca juga: BBPTUHPT Baturraden Milik Kementan Siap Pasok Kebutuhan Program Susu Gratis

Ilustrasi susu, susu sapi. PIXABAY/COULEUR Ilustrasi susu, susu sapi.

Data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian tahun 2020 menyebutkan, produksi susu Indonesia sebesar 2,6 juta liter per hari hanya mampu memasok 22 sampai 23 persen kebutuhan konsumsi susu nasional.

Untuk memenuhi kebutuhan susu nasional, negara sangat bergantung pada susu bubuk impor.

Sementara itu, para peternak sapi perah lokal sebagian besar belum memiliki kemampuan dalam praktik peternakan yang baik, belum melakukan investasi pada infrastruktur, serta belum memiliki sarana produksi ternak yang berkualitas baik.

Produksi susu lokal dihasilkan oleh 584.000 ekor sapi, di mana 40 sampai 50 persen populasi sapi merupakan sapi produktif dan didominasi oleh peternak rakyat dengan kepemilikan 2 sampai 3 ekor sapi per peternak produktif.

Baca juga: Banyak Konsumen Kental Manis di RI Kini Beralih ke Susu UHT

Kementerian Pertanian telah mengindikasikan adanya penurunan produksi susu sejak tahun 2019 hingga 2020 menjadi 947.685 ton pada tahun 2020.

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan nasional, meningkatkan penghidupan para peternak sapi perah skala kecil dan memenuhi prioritas nasional dalam memerangi stunting, pemerintah telah menetapkan target untuk sektor susu dengan meningkatkan populasi sapi perah, produktivitas, kualitas susu, membuka akses pembiayaan, dan membangun kemitraan di industri.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com