Pilpres Lancar, Dana Asing Serbu Indonesia

Kompas.com - 11/07/2014, 08:26 WIB
Ilustrasi dollar AS SHUTTERSTOCKIlustrasi dollar AS
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, jalannya pelaksanaan pemilihan presiden yang terhitung lancar, mendorong masuknya aliran dana asing (capital inflow) ke Indonesia. Hal itu terlihat dari menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, dan melonjaknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Tadinya di hari pertama Rp 500-650 miliar, lalu di hari kedua sudah lebih dari Rp 1 triliun. Di pasar modal, inflow-nya banyak. Lalu lihat saja di bond (surat utang) kita, incoming bid-nya sampai Rp 22 triliun," ungkap Menteri Keuangan Chatib Basri ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (10/7/2014).

Respon pasar, menurut Chatib masih positif meski dua kubu saling mengklaim kemenangan hasil pemilu versi perhitungan cepat, berdasarkan lembaga survei yang dirujuk.

"Sejauh ini market responnya alhamdulillah, bagus. Kalau pemilunya berjalan lancar, dua pihak menunggu hasil real count-nya, maka bisa positifnya bisa terus berlanjut. Jadi kita harus jagain," katanya.

Pemerintah juga optimistis aliran dana asing akan makin deras paska ada kepastian hasil Pilpres berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum, 22 Juli 2014.

"Alhamdulillah. Kan saya sudah bilang, kalau (pemilu) berjalan damai, lancar, mudah-mudahan rupiahnya bisa menguat. Apalagi nanti kalau sudah ada kepastian, maka bisa lebih baik lagi," ucap Chatib.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X