Freeport Targetkan Pembangunan Smelter Rampung 7,5 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 07/08/2014, 13:25 WIB
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto. Alfian KartonoPresiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) telah mengantongi izin ekspor, dan jika cuaca tidak buruk, mereka bisa mengirim konsentrat hari ini dengan bea keluar 7,5 persen.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM, R Sukhyar, mengatakan, pemerintah telah menargetkan progress pembangunan smelter 60 persen dalam evaluasi tiap semester. Jika tidak, maka izin ekspor akan dihentikan.

Sementara itu, Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B Soetjipto menyebutkan pihaknya menargetkan bisa menyelesaikan pembangunan smelter itu di atas 7,5 persen pada akhir tahun ini. "Targetnya itu 0-7,5 persen, kita lewati 7,5 persen," kata , ditemui di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Dengan progress lebih dari 7,5 persen, maka Freeport dikenai bea keluar 7,5 persen. Rozik mengatakan, biaya yang dibutuhkan Freeport untuk proyek itu sebesar 170 juta dollar AS. Tahun ini diperkirakan, progress smelter baru sampai pada pembebasan lahan.

Untuk keperluan itu saja, Freeport sudah mengeluarkan biaya 100 juta dollar AS. "Lokasi yang dipilih belum final," imbuhnya. Sementara ini, Gresik masih menjadi opsi kuat untuk lokasi smelter karena pertimbangan infrastruktur serta ketersediaan energi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.