Belanja Modal negara Turun Rp 23,2 Triliun

Kompas.com - 26/08/2014, 20:57 WIB
Ilustrasi RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Demi menjaga defisit anggaran, pemerintah memangkas anggaran belanja kementerian/lembaga sebesar Rp 43 triliun. Walhasil, anggaran belanja modal pun menyusut Rp 23,2 triliun.

"Pagu belanja modal sekarang sekitar Rp 161 triliun (dalam Anggaran pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2014)," ujar Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemkeu) Askolani ketika dihubungi KONTAN, Selasa (26/8/2014).

Sebelumnya dalam pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 pagu belanja modal sebesar Rp 184,2 triliun.

Pagu belanja modal Rp 161 triliun tersebut jauh lebih kecil dibanding pagu APBN-P 2013 yang sebesar Rp 192,6 triliun. Realisasi belanja modal tahun 2013 sendiri sebesar 89% atau Rp 171,8 triliun.

Melihat belanja modal yang sudah menyusut cukup lebar ini, Askolani berharap penyerapannya hingga akhir tahun dapat maksimal. Namun, kembali lagi penyerapan tersebut bergantung dari masing-masing kementerian/lembaga.

Mengenai program atau kegiatan pembangunan mana saja yang dipotong dari masing-masing kementerian/lembaga, Askolani tidak menjelaskan lebih lanjut.

Asal tahu saja, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Kementerian Perhubungan menjadi dua kementerian yang paling besar dilakukan pemotongan dalam APBN-P 2014, yaitu masing-masing sebesar Rp 9,62 triliun dan Rp 4,36 triliun.

Menteri Keuangan Chatib Basri sebelumnya menjelaskan pennyerapan anggaran belanja pemerintah terutama belanja modal akan terserap maksimal pada akhir tahun. Karena itu, dirinya optimis belanja modal hingga akhir tahun akan bisa mencapai 90 persen dari pagu.

Adapun hingga Juni 2014, realisasi belanja modal baru 15,4 persen dari pagu APBN 2014 yang sebesar Rp 184,2 triliun. (Margareta Engge Kharismawati)



Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X