Menkeu: Peringkat Daya Saing RI Naik Bukan Karena "Jokowi Effect"

Kompas.com - 04/09/2014, 11:52 WIB
Menteri Keuangan Chatib Basri KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Keuangan Chatib Basri
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringkat daya saing global Indonesia berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF) berada di peringkat 34. Peringkat Indonesia tersebut naik empat peringkat dari peringkat 38 tahun lalu.

Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri mengapresiasi cenderung membaiknya peringkat daya saing Indonesia tersebut. Akan tetapi, menurut dia posisi daya saing itu tidak ada kaitannya dengan "Jokowi Effect".

"Alhamdulillah, bagus. Daya saing tidak ada kaitannya dengan itu (Jokowi Effect), kalau portfolio bisa," kata Chatib di Gedung DPR, Rabu (3/9/2014).

Lebih lanjut, Chatib memaparkan daya saing sebuah negara dapat erat kaitannya dengan membaiknya infrastruktur. "Daya saing pasti berkaitan dengan infrastruktur yang lebih baik atau stream lining regulation yang lebih baik," jelasnya.

Tiap tahun WEF merilis nilai negara berdasarkan 12 faktor. Faktor-faktor ini misalnya infrastruktur, pendidikan dan pelatihan, efisiensi pasar tenaga kerja, kesiapan teknologi dan inovasi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan gambaran yang bisa diperbandingkan dalam hal daya saing, produktivitas dan kesejahteraan di 144 negara.

Swiss masih merajai peringkat negara dengan daya saing tertinggi di dunia. Menurut laporan The Global Competitiveness Report 2014-2015 keluaran World Economic Forum, Swiss dan Singapura bertahan di peringkat pertama dan kedua daftar ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X