Kompas.com - 24/09/2014, 17:32 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Direktur (Presdir) PT Newmont Nusa Tenggara Martiono Hadianto menuturkan, Indonesia merupakan negara yang pemerintahnya sangat mudah memberikan izin usaha pertambangan.

Setidaknya ada 10.680 izin usaha pertambangan yang dikeluarkan. "Setahu saya hanya Republik Indonesia yang berikan izin paling banyak. Ini maksudnya apa?" kata Martiono dalam peluncuran buku Nasionalisme Migas, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Namun, yang menjadi pertanyaan Martiono, mengapa Pemerintah Indonesia sangat mudah mengeluarkan izin tersebut. "Yang saya dengar ternyata izin itu jadi barang dagangan. Kalau jadi barang dagangan, apa iya?" lanjut dia.

Martiono juga mempertanyakan bahwa pelaku usaha pertambangan hanya dijadikan sebagai sumber untuk kepentingan politik, seperti yang dikabarkan berbagai media. "Sumber berbagai macam pemilu. Pemilu daerah, pilkada. Lha apa itu?" imbuhnya.

Padahal, Martiono mengklaim, sebagian besar di antara 10.680 penerima izin usaha pertambangan tersebut bukanlah pelaku tambang dan hanya trader. Kalaupun betul-betul pelaku tambang, banyak di antara mereka yang berskala kecil.

Martiono merasa skeptis pelaku usaha tambang kecil bisa mengurusi dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan tambang mereka. "Terus komitmen mereka untuk memelihara lingkungan, corporate social responsiblity, apa bisa perusahaan kecil ini?" tukas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.