Industri Garmen Jadi Harapan Ekspor Indonesia

Kompas.com - 25/09/2014, 17:48 WIB
Ilustrasi KONTAN/DANIEL PRABOWOIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Industri garmen menjadi satu komoditas potensial yang bisa menjadi unggulan di masa mendatang, mengejar posisi mineral tambang, utamanya batu bara serta migas.

Head of Trade Global Trade and Receivables Finance HSBC, Nirmala Salli melihat sejak dirundung krisis moneter pada 1997, pebisnis garmen adalah salah satu yang bisa bertahan hingga saat ini. “Pebisnis di Indonesia ini sudah tahan banting, apalagi industri garmen. Dari 1997 itu Indonesia sudah berkali-kali didera krisis. Dollar nyata-nyata merangkak naik sampai sekarang, dari Rp 7.000, Rp 9.000, sampai Rp 11.000, mereka tetap bertahan,” kata Nirmala dalam sebuah diskusi di Kantor HSBC, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Ketika Eropa dan Amerika Serikat mengalami krisis, para pebisnis di industri garmen fokus pada pasar lokal. Dengan peningkatan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia saat ini, kebutuhan sandang tentu kata dia semakin meningkat.

Di pasar luar, meski ada pengurangan konsumsi akibat krisis, namun Amerika Serikat dan Eropa tetap menjadi pasar potensial industri garmen Indonesia. Apalagi melihat perkembangan Tiongkok yang diperkirakan akan segera hijrah menjadi produsen IT.

Nirmala optimistis, Indonesia bisa mengambil alih posisi Tiongkok sebagai penyuplai garmen. Adapun pasar garmen terdekat yang masih bisa dioptimalkan diantaranya, Malaysia, Afrika, dan Vietnam. “Kita masih ekspor garmen ke Malaysia dan Afrika, sejak Amerika dan Eropa turun,” imbuh dia.

Sementara itu disinggung mengenai membanjirnya produk garmen Tiongkok di pasar Tanah Abang, Nirmala membenarkan hal tersebut memang masih terjadi. Namun, industri garmen lokal saat ini sudah mulai merajai pusat-pusat perbelanjaan modern (shopping mall). “Seperti yang ada di Matahari, Ramayana, itu produk Indonesia semua lho,” tandas Nirmala.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X