Kompas.com - 06/10/2014, 12:47 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Dunia menaruh perhatian terhadap kisruh politik yang terjadi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beberapa waktu lalu. Menurut Bank Dunia, kisruh politik tersebut akan sangat berdampak buruk kepada kepercayaan investor dan ekonomi nasional.

"Kondisi politik seperti itu pasti akan berdampak negatif. Kalau kisruh terus akan semakin tidak jelas, bukan hanya kepada investor tetapi kepada kondisi eknomi Indonesia," ujar Ba Ekonom utama Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop di Kantornya, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Lebih lanjut dia menjelaskan, keadaan ekonomi di dalam negeri seharusnya mampu menopang stabilitas ekonomi. Pasalnya kata dia, kondisi ekonomi Indonesia juga dipengaruhi oleh situasi ekonomi global.

Pemulihan ekonomi global saat ini menurut Bank Dunia akan berdampak positif kepada negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik. Namun, Ndiame mengatakan, dampak tersebut akan berbeda-beda di berbagai negara.

Oleh karena itu, jika Indonesia mau mendapatkan manfaat dari pemulihan ekonomi global, maka kondisi politik harus stabil agar tidak berpengaruh kepada iklim investasi. "Tentu dampak seperti itu akan sangat berdampak negatif kepada ekonomi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.