Jokowi Tempatkan Kepala Bappenas Langsung di Bawah Presiden

Kompas.com - 27/10/2014, 17:09 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Kerja seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/10/2014). Kabinet Kerja Jokowi-JK terdiri dari empat menteri koordinator dengan 34 kementerian dan lembaga setingkat menteri.IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Kerja seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/10/2014). Kabinet Kerja Jokowi-JK terdiri dari empat menteri koordinator dengan 34 kementerian dan lembaga setingkat menteri.IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo membuat struktur baru dalam Kabinet Kerja yang dipimpinnya. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang sebelumnya berada di bawah Menteri Koordinator Perekonomian kini bertanggung jawab langsung kepada presiden.

"Menteri perencanaan pembanunan atau Bappenas, kita tempatkan 1 kelompok dengan mensesneg. Tugas bappenas adalah makro, bukan ekonomi semata, tetapi  makro semuanya," ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna perdana di kantor presiden, Senin (27/10/2014).

Jokowi menuturkan semua visi dan misi presiden akan dikawal secara intensif oleh Kepala Bappenas. Saat ini, Kepala Bappenas dipegang oleh Andrinof Chaniago. Jokowi meminta Andrinof untuk segera menyerahkan rekomendasi yang disusun tim transisi kepada seluruh menteri.

Selanjutnya, Jokowi juga menginstruksikan agar para menteri koordinator bisa menggelar rapat koordinasi. Dalam waktu dua hari ke depan, Jokowi akan mengundang kembali para menteri koordinator itu untuk melapor.

"Setelah disetujui, kebijakan itu bisa segera dilakukan secepat-cepatnya," imbuh dia.

Sidang kabinet paripurna kali ini adalah yang pertama kalinya dilakukan. Sebanyak 34 menteri yang membantu Jokowi-JK baru saja melakukan pelantikan di Istana Negara pagi tadi. Pada siang hari ini, mereka langsung menggelar sidang kabinet paripurna untuk mendengarkan program-program kerja yang telah disusun.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X