Kompas.com - 29/01/2015, 19:50 WIB
Kopilot AirAsia QZ8501, Remi Emmanuel Plesel. AFP PHOTOKopilot AirAsia QZ8501, Remi Emmanuel Plesel.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengetahui laporan awal Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait kecelakaan AirAsia QZ8501.

Namun, terkait kopilot yang menerbangkan pesawat itu, Kemenhub menyatakan bahwa hal itu pasti ada standard operational prosedur (SOP).

"Enggak tahu saya. Tapi pasti ada SOP-nya" ujar Direktur Jederal Perhubungan Udara Suprastyo saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (29/1/2014).

Sayangnya, saat ditanya bagaimana SOP-nya, ia mengaku tak terlalu tahu. Namun, menurutnya, tak mungkin seorang kopilot bisa menerbangkan pesawat tanpa ada peraturan yang memperbolehkan hal itu.

Lebih lanjut, terkait temuan KNKT itu, ia menyatakan lebih baik ditanyakan ke KNKT. Pasalnya, saat ini KNKT sedang bekerja menguak tabir kecelakaan AirAsia QZ8501.

Sebelumnya, dalam laporan awal KNKT, pesawat AirAsia yang mengalami kecelakaan tanggal 28 Desember 2014 itu diterbangkan oleh Kopilot Rémi-Emmanuel Plesel. Sementara itu, pilot kapten Iriyanto duduk untuk di sebelah mengatur parameter pesawat.

KNKT menyatakan hal itu sebagai hal yang wajar. Pasalnya, sudah biasa dalam dunia penerbangan kopilot juga beberapa kali menerbangkan pesawat.

Senada dengan KNKT, pengamat penerbangan Gerry Soejatman mengatakan, seorang kopilot yang menerbangkan pesawat adalah hal lumrah di semua maskapai di seluruh dunia.

Menurut keterangan pihak AirAsia Indonesia pada Minggu (28/12/2014), kopilot Rémi-Emmanuel Plesel memiliki 2.247 jam terbang. Artinya, Rémi setidaknya telah bekerja diAirAsia Indonesia selama dua tahun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X