Kompas.com - 30/01/2015, 09:32 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Berhasil bangkit dari keterpurukan kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung melaju pada awal perdagangan Jumat (30/1/2015). IHSG dibuka menguat 27,67 poin menjadi 5.290,39.

Hingga sekitar pukul 09.20 WIB tercatat 144 saham naik, 45 saham turun, dan 68 saham stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 928,73 miliar dengan volume 684,52 juta lot saham.

IHSG hari ini diproyeksikan bergerak variatif dengan potensi penguatan. Peluang penguatan indeks terbuka karena dorongan dari sentimen positif eksternal.

Pasar saham Amerika Serikat (AS) Kamis waktus setempat ditutup menguat. Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebesar 1,31 persen sedangkan indeks S&P500 terapresiasi sebesar 0,95 persen.     

Dari pasar Asia, pergerakan indeks utama regional pagi ini positif. Indeks Nikkei 225 (Jepang) naik sebesar 0,97 persen sedangkan indeks KOSPI Composite (Korea Selatan) menguat 0,49 persen.     

Dari dalam negeri, pelaku pasar menanti rilis data inflasi dan neraca perdagangan Indonesia, yang sedianya akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pekan depan. Selain itu, investor juga menunggu rilis kinerja keuangan tahunan perusahaan tercatat (emiten).      

Analis Teknikal Mandiri Sekuritas menyatakan IHSG berpotensi menguat. "Pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak di kisaran support 5.210 dan resistance 5.325," sebutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.