Kompas.com - 28/04/2015, 12:44 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT. Pelni (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito menilai, Identitas suatu perusahaan merupakan hal sangat penting. Pasalnya, dengan identitas itu maka masyarat bisa langsung tahu nama suatu perusahaan meski hanya melihat lambang perusahaannya.

Nah, masalah itulah yang menurut Wimbo menerpa Pelni selama ini. Bahkan, untuk mencari Kantor Pusat Pelni saja, kata dia, masyarakat kesulitan. "Seringkali ketika orang mencari Kantor Pelni bilang, 'Setelah Gedung Lion Air yang ada Mandirinya, atau sebelum Gajah Mada Plaza, yang ada HSBC-nya'," ujar Wimbo menirukan ucapan masyarakat mengenai Kantor Pelni, Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Untuk mengatasi maslah identitas Kantor Pelni itu, Wimbo pun melakukan inovasi. Ia memasang "perabotan" kapal di depan Kantor Pelni di Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat.

“Sekoci, jangkar, cerobong kapal, dan matros (seragam pelaut-red) di pintu masuk gedung merupakan identitas perusahaan," kata dia.

Bahkan, lanjut pria yang sudah menjabat Dirut Pelni 11 bulan itu, tamu-tamu asing yang pernah berkunjung ke Pelni sangat terkesan dengan adanya "perabotan" kapal itu. Baginya, itulah ciri Pelni sebagai perusahaan pelayaran dengan ciri khas pelaut.

Selain itu, Wimbo sudah terlebih dahulu melakukan berbagai perubahan salah satunya perubahan warna seragam pegawai Pelni. Saat ini seragam putih-putih untuk pelaut, putih biru untuk karyawan kantor pusat, cabang dan anak perusahaan.

“Seragam baju mulai dari Direksi sampai karyawan pelaksana sama. Tujuanya untuk menyatukan langkah, pemikiran dan tindakan dalam mewujudkan Visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan pelayaran yang tangguh dan menjadi pilihan utama pelanggan," ucap mantan Direktur Komersial KAI itu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.