Usulan Menteri ESDM Diterima, Wiratmadja Puja Jadi Dirjen Migas

Kompas.com - 06/05/2015, 10:01 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan dilantik sebagai Dirjen Migas, Kementerian ESDM, pada Kamis (7/5/2015).

Menteri ESDM Sudirman Said mengaku pemilihan pejabat eselon 1 yang menangani sektor migas ini tidaklah mudah. Dibutuhkan proses berbulan-bulan, mulai dari open recruitmen, hingga proses seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel). Selanjutnya, tiga nama di peringkat teratas diajukan ke Sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

“Kebetulan dari tiga orang yang diajukan itu ranking pertama, Pak Wirat. Bukan saya yang menentukan, yang menentukan pansel. Sangat objektif,” kata Sudirman, Jakarta, Selasa (5/5/2015) malam.

Sementara itu, disinggung mengenai kabar yang menyebutkan ada pilihan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni mantan Plt.Dirut Pertamina M.Husen sebagai Dirjen Migas, Sudirman mengaku tidak pernah mendengarnya. “Saya tidak pernah mendengar atau merasa bahwa Wapres punya preferensi tertentu. Sidang TPA sangat terbuka,” imbuh Sudirman.

Namun dia mengaku, Kementerian ESDM sempat kembali mengusulkan Wirat, sebab sempat ada keputusan yang tidak sesuai dengan ranking. Menteri ESDM sebagai penanggungjawab sektor berhak memberikan usulan kembali.

“Kenapa kita usulkan lagi Pak Wirat, karena Pak Wirat ke dalam (internal) sudah diterima dengan baik, ke stakeholder (eksternal) baik, dan beliau adalah orang yang juga bersahabat dengan media,” kata Sudirman.

“Rasanya kalau Pak Wirat duduk di sana pekerjaan saya sebagai menteri akan sangat dibantu. Alhamdulillah tadi sore diputuskan bahwa Pak Wirat akan dilantik sebagai Dirjen Kamis,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.