"Masa Memimpin Pertamina seperti Memimpin Warung Kecil..."

Kompas.com - 15/05/2015, 12:47 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Energy Watch Indonesia (EWI) menyatakan, pengumuman kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi yang kemarin diumumkan oleh PT Pertamina (Persero) yang kemudian pada tengah malam tadi dibatalkan, merupakan bentuk kekacauan kinerja Menko Perekonomian, Menteri BUMN, Menteri ESDM, dan Direksi Pertamina.

Menurut Direktur Eksekutif EWI Ferdinand Hutahaean, kejadian tersebut sungguh sangat luar biasa. Artinya, kata Ferdinand, ada kebijakan yang menyangkut publik tidak dikordinasikan dengan baik dan terkesan seperti kebijakan coba-coba.

"Masa memimpin perusahaan sebesar Pertamina yang notabene milik negara seperti memimpin warung kecil milik sendiri?" kata Ferdinand melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Ferdinand lebih lanjut menuturkan, kejadian ini menjadi indikator yang sangat sah dan tidak bisa dipungkiri sebagai bukti nyata kinerja Menko Perekonomian, Mentri BUMN, Mentri ESDM dan Direksi Pertamina yang tidak benar.

"Ini tidak boleh terulang lagi. Kebijakan yang tidak matang kenapa dipaksakan, padahal dampak dari kebijakan kenaikan BBM sangat besar pengaruhnya terhadap masyarakat," kata Ferdinand.

Dia bilang, untuk menyelamatkan bangsa, Presiden Joko Widodo mau tak mau, suka tidak suka harus segera melakukan evaluasi dan perombakan terhadap Menko Perekonomian, Menteri BUMN, Menteri ESDM dan juga segera mengganti Direksi Pertamina.

"Mereka ini jelas tidak paham bagaimana memimpin bangsa sebesar ini. Hal ini tidak boleh ditoleransi lagi, bahwa tidak boleh ada kebijakan coba-coba terhadap publik dan yang menyangkut hajat hidup orang banyak," tandas Ferdinand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.