Menteri BUMN: Pembebasan Lahan Tol di Lampung Selesai Desember

Kompas.com - 09/06/2015, 11:11 WIB
Menteri BUMN, Rini Soemarno KOMPAS.com/Sri LestariMenteri BUMN, Rini Soemarno
|
EditorErlangga Djumena

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Pengerjaan pembangunan jalan tol Trans Sumatera di wilayah Lampung terus digenjot. Beberapa kali Menteri BUMN Rini Soemarno dan rombongan dari Jakarta menggelar rapat dengan Pemerintahan Provinsi Lampung.

Rapat tertutup Kementian BUMN, PU dan BPN serta jajaran Pemerintah Provinsi Lampung pada Senin sore (8/6/2015) membahas tentang pembebasan lahan. Menurut Rini pembangunan jalan tol di Lampung sepanjang sekitar 145 kilometer ditargetkan selesai dua tahun setelah pembebasan lahan.

"Sehubungan dengan pembebasan lahan dan pembangunan jalan tol maka kami menargetkan bulan Desember 2015 pembebasan lahan masyarakat sudah terselesaikan," kata dia.

Sementara itu di lapangan,  masih ada warga yang mengaku belum mendapatkan ganti rugi. Seperti dikemukakan Camat Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan Tri Mujianto. Di wilayahnya ada dua desa yang terkena jalur pembangunan jalan tol, namun menurut dia, ladang, lahan pertanian, dan pekarangan warga yang telah terpasang patok merah belum mendapat ganti rugi.

"Ya wilayah saya tidak begitu jauh dari Pelabuhan Bakauheni sebagai titik awal pembangunan jalan tol di Lampung, tapi belum ada kejelasan besaran ganti rugi," kata Tri Mujianto.

Namun dirinya mengaku beberapa minggu lalu panitia pembebasan lahan baru meminta data desa yang terlewati rencana jalan tol. Pembangunan jalan tol di Lampung terbagi dua tahap.

Tahan pertama pembangunan dari Bakauheni Lampung Selatan sampai Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Kemudian dari Tegineneng sampai Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X